Gelar Seminar Nasional, Puskada Alor Ajak Generasi Muda Lebih Mencintai Bangsa dan Tanah Air.

0
64

Koordinator PUSKADA Kabupaten Alor, Abdul Syukur Omo,S.Si dan Pemateri Seminar.

Mahensa Express. Awaalah. Direktur Ormas Kemendagri RI melalui Koordinator Perkumpulan Pusat Kajian Nusantara (PUSKADA) Kabupaten Alor mengadakan Seminar Kebangsaan dengan Thema “Mengukuhkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Upaya Persatuan Bangsa”. pada Kamis, (27/07) bertempat di Aula SMP Negeri Awaalah Kecamatan Desa Alila Selatan Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor.

Mengawali kegiatan seminar, Koordinator PUSKADA Kabupaten Alor, Abdul Syukur Omo,S.Si dalam sambutannya mengatakan orientasi kegiatan seminar nasional bertujuan mencerdaskan generasi-generasi muda untuk mencintai bangsa dan tanah air ini. Kepada adik-adik, kita dan kalian adalah pemilik sah bangsa  Indonesia. Untuk itu sebagai wujud kecintaan, maka tugas kita adalah belajar dengan rajin. Dari SMP Awaalah ini kalian harus bermimpi menjadi orang-orang besar di negeri ini, 5 sampai 10 Tahun harus jadi apa nantinya,” Tambah Syukur.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah, Anton Dukaelam menyampaikan proviciat kepada Koordinator PUSKADA karena sudah mengadakan kegiatan seminar bertaraf nasional di sekolah dan kampung sendiri dan dia juga mengharapkan kepada anak murid sebagai peserta dalam seminar ini agar lebih serius dalam mengikuti semua ilmu yang disampaikan para nara sumber nantinya.

Sebelum membuka kegiatan seminar, Kabid Ketahanan Bangsa Kesbangpol Alor Martinus De Porres Djeo mengatakan, berbicara ketahanan bangsa bukan hal baru. Empat konsensus dasar (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI Harga Mati) berasal dari nilai-nilai luhur bangsa dan ini merupakan kesepakatan bersama serta perekat antara sesama yang harus diterapkan dalam kehidupan bernegara.

Berkaitan dengan persatuan bangsa di Alor, Martinus mengatakan kearifan lokal yang telah diwariskan oleh leluhur harus terus dijaga dan ditingkatkan karena dari kearifan lokal inilah yang membentuk jati diri dan kebudayaan nasional pada umumnya dan persatuan dan kebersamaan Alor khususnya,”Tutup Tinus.

 

 

Facebook Comments