Tunjangan non sertifikasi tidak dibayar 2 tahun, guru mengadu ke DPRD Alor

0
335

Mahensa Express.com – Kalabahi – Kamis, 7 juni 2018, sejumlah guru mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Alor  guna mengadukan sejumlah keganjalan dalam proses tunjangan non sertifikasi guru yang terjadi kurang lebih empat tahun belakangan ini.

Diterima wakil ketua DPRD Yulius Mantaon di ruang kerjanya, para guru menyampaikan bahwa tunjangan non sertifikasi guru di tahun 2015 dan 2016  tidak bayar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Alor.

Sedangkan pada tahun 2017, pembayaran tunjangan non sertifikasi guru hanya untuk bulan januari – september, sedang untuk bulan oktober – desember tidak dibayarkan.

Memasuki tahun 2018, para guru berharap agar sisa uang tunjangan non sertifikasi guru di tahun sebelumnya ikut dibayarkan, tetapi Dinas Pendidikan Kabupaten Alor hanya membayar untuk bulan januari – maret 2018.

Usai mengurai semua keganjalan proses tunjangan non sertifikasi di depan Wakil Ketua DPRD Alor, para guru meminta pihak DPRD Alor agar menyikapi persoalan ini sebab menyakut hak ribuan guru di Kabupaten Alor.

Para guru juga meminta pihak DPRD Alor untuk menelusuri, telah dikemanakan semua uang tunjungan non sertifikasi guru tahun 2015 dan 2016 yang tidak bayar Dinas Pendidikan Kabupaten Alor kepada para guru penerima tunjangan non sertifikasi.

Serta telah dikemanakan semua uang tunjangan non sertifikasi bulan oktober – desember tahun 2017 yang tidak dibayarkan kepada guru penerima tunjangan non sertifikasi .

Tunjangan non sertifikasi guru merupakan tambahan penghasilan (TAMSIL) bagi guru yang tidak mendapat tunjangan sertifikasi.

Tunjangan non sertifikasi guru dan tunjangan sertifikasi guru merupakan satu produk hukum dan dibayar dengan dana APBN.

Anehnya, tujangan sertifikasi guru dibayar penuh, tetapi tunjangan non sertifikasi guru dibayar setengah-setengah, bahkan di tahun 2015 dan 2016 tidak dibayarkan sama sekali.

Kepada para guru yang menemuinya, Wakil Ketua DPRD Alor Yulius Mantaon yang ditemani Anggota DPRD Sulaiman Sing menyampaikan akan menyikapi persoalan ini usai libur lebaran. (VS)

Facebook Comments