Mantan Kiper Simbol Pemberontak Suriah Tewas Usai Bertempur

0
46
Ilustrasi pasukan pemberontak Suriah. (AFP PHOTO / Nazeer AL-KHATIB)
Ilustrasi pasukan pemberontak Suriah. (AFP PHOTO / Nazeer AL-KHATIB)

 

Mahensa Express.Com – 
Jakarta,  Seorang mantan kiper yang menjadi simbol pemberontak Suriah, Abdul Baset al-Sarout (27), dilaporkan meninggal karena luka akibat pertempuran melawan pasukan rezim Bashar al-Assad. Dia tutup usia saat dalam perawatan di Provinsi Hama.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (9/6), informasi itu disampaikan juru bicara kelompok pemberontak Jaish al-Izza, Kapten Mustafa Maarati. Menurut dia Sarout wafat pada Jumat lalu.

Maarati tidak merinci luka apa yang dialami Sarout hingga tutup usia. Dia hanya menyatakan Sarout terlibat dalam pertempuran melawan pasukan Suriah untuk mempertahankan basis pemberontak di Hama.

Dikutif dari CNN Indonesia, Sarout ikut berunjuk rasa menuntut Bashar al-Assad turun dari kekuasaan pada 2011. Dia kemudian turut angkat senjata karena negara itu terjerumus dalam perang sipil.

Sarout bertempur di kampung halamannya pada 2014, tetapi kemudian mengungsi setelah dua tahun bertahan. Ayah dan empat saudaranya meninggal dalam perang.

Kehidupannya sempat diabadikan dalam film dokumenter ‘Return to Homs’, yang meraih penghargaan di Festival Film Sundance pada 2014.

Pasukan rezim Assad dibantu Iran dan Rusia semakin gencar menyerang basis pemberontak di Idlib, Homs, dan Hama. Sekitar 10 ribu penduduk harus mengungsi ke perbatasan Turki untuk menyelamatkan diri dari serangan udara dan artileri. (***)

(Editor : Efraim Lamma Koly)

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul,”Eks Kiper Simbol Pemberontak Suriah Tewas Usai Bertempur.