Otoritas Australia Pulangkan4 Nelayan Asal NTT yang Ditangkap Dengan Pertimbangan Di Bawah Umur.

0
43
(Ilustrasi/Masih di Bawah Umur)
(Ilustrasi/Masih di Bawah Umur)

Mahensa Express.Com –
Kupang,  Empat orang nelayan asal Desa Oenggae, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), dipulangkan ke kampung halaman mereka usai ditangkap otoritas Autralia.

Mereka ditangkap Tentara Angkatan LautAustralia, karena diduga melakukan pencurian ikan di Perairan Australia.

Dilansir dari KOMPAS.com
Empat nelayan itu tiba di Kupang dan diterima oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTT Ganef Wurgiyanto.

Perwakian Ditjen PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Rangga Wahyu Putra dan Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kupang Mubarak. Penerimaan dilakukan di Aula DKP Provinsi NTT, Kamis (20/6/2019).

Kepala Stasiun PSDKP Kupang Mubarak mengatakan, empat nelayan itu yakni RAG, SN, SR dan EA.

“Tadi empat nelayan tersebut sudah diserahkan ke keluarganya untuk dipulangkan ke desa mereka di Rote Ndao, Jumat (21/6/2019) besok,” ujarnya.

Empat nelayan tersebut dipulangkan ke Indonesia dengan pertimbangan masih di bawah umur.

Saat ini, kata Mubarak, tersisa tiga orang nelayan yang masih berada di Autralia, yakni 1 orang juragan atau nakhoda dan dua orang anak buah kapal.

Mereka masih disidang sebagai terdakwa dan saksi di Pengadilan Australia.

“Untuk kepastian pemulangan tiga nelayan lainnya, kami menunggu informasi kepastiannya dari Konjen Indonesia di Darwin,” kata Mubarak.

Mubarak menjelaskan, para nelayan tersebut merupakan awak kapal perikanan Indonesia KM Barcelona berukuran 9 GT yang ditangkap oleh otoritas Pemerintah Australia pada Jumat (24/5/2019) dengan tuduhan melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Perairan Australia.

Setelah ditangkap, kapal dan seluruh awaknya dibawa ke Darwin, Australia untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Berdasarkan peraturan Pemerintah Australia maka keempat anak buah kapal yang masih di bawah umur tersebut segera dipulangkan ke Indonesia. Sementara itu, awak kapal lainnya masih menjalani pemeriksaan oleh otoritas Australia,” kata Mubarak.

(Sigiranus Marutho Bere/KOMPAS.com)

Artikel ini telah tayang di KOMPAS.com dengan judul “Masih di Bawah Umur, 4 Nelayan Asal NTT yang Ditangkap Otoritas Australia Dipulangkan.

Facebook Comments