Astaga! Ada Dugaan Surat Palsu BPD Untuk Meloloskan Cakades Incumbent Desa Tubbe

0
232
Surat Keterangan BPD Desa Tubbe unyuk incumbent tanpa Cap stempel.
Surat Keterangan BPD Desa Tubbe unyuk incumbent tanpa Cap stempel.

Mahensa Express.Com -Kupang, Gonjang ganjing pada musim politik sejak penjaringan bakal calon kepala desa hingga penetapan calon kades di beberapa desa di Kabupaten Alor sangat unik dan menggelitik salah satunya adaah Desa Tubbe di Kecamatan Pantar Tengah Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam persyarata jelas tertulis, apabila kades incumbent ingin mencalonkan dirinya kembali maka harus ada surat keterangan telah menyampaikan LKPJ terlebih bebas temuan dari Inspektorat Daerah (IRDA) Kabupaten Alor.

Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat Desa Tubbe sebab menolak LKPJ Kades Tubbe tetapi atas dasar apa Inspektorat Daerah Kabupaten Alor mengeluarkan surat bebas temuan.

Yulius Lau Sely dan Napoleon Lau Dua perwakilan Masyarakat Peduli Desa Tubbe
pada, Senin (01/07/2019) mendatangi Ombudsman NTT untuk melaporkan kades incumbent yang lolos meskipun ada bagitu banyak temuan dari Inspektorat Daerah Alor.

Yulius Lau Sely dan Napoleon Lau merasa heran karena BPD menolak LKPJ Kades incumbent, Ebenhaizer Sau Sabu,SH dengan alasan banyaknya temuan terkait dana desa dan laporan masyarakat.

Dengan dasar tersebut Ketua BPD juga menolak menandatangani laporan dan menolak mengeluarkan surat keterangan untuk cakades incumbent.

Surat Pernyataan Kepala Desa Tubbe, Ebenhaizer Sau Sabu, SH bersama  Sekretaris dan seluruhaparat Desa     Tubbe untuk menyelesaikan Penyelewengan keuangan desa.
Surat Pernyataan Kepala Desa Tubbe, Ebenhaizer Sau Sabu, SH bersama  Sekretaris dan seluruhaparat Desa     Tubbe untuk menyelesaikan Penyelewengan keuangan desa.

Kades Tubbe, Ebenhaizer Sau Sabu dalam pertemuan yang dihadiri BPD, Camat Pantar Tengah, Agus Laa,S.Sos dan tokoh masyarakat buat surat pernyataan bersedia mengembaliakan seluruh dana yang disalagunakan hingga akhir bulan Mei 2019 tetapi sampai saat ini belum direalisasikan.

Masyarakat Desa Tubbe makin geram karena panitia penjaringan bakal calon kepala desa meloloskan Cakades Incumbent,Ebenhaizer Sau Sabu,SH.

Sedang incumbent tidak memiliki surat keterangan telah melakukan LKPJ yang di tanda tangani oleh BPD.
Kepada Mahensa Express.
Com, Yulius dan Napoleon mengatakan incumbent mendapat surat keterangan dari ketua BPD baru.
Anehnya surat keterangan BPD untuk kades incumbent tidak ada cap stempel tetapi mengapa camat Pantar Tengah, Agus Laa,S.Sos meloloskan kades incumbent,”ucap keduanya dengan nada kesal.

Masyarakat Desa Tubbe masih mempertanyakan surat keterangan dari kecamatan dan bebas temuan dari Inspektorat Daerah (IRDA) Kabupaten Alor juga surat cuti yang semua tertanggal 31 Mei 2019. Dari semua kejanggalan yang terjadi di desa Tubbe, saat ini masyarakat mengutus dua tokoh masyarakat Desa Tubbe yaitu, Napoleon Lau dan Yulius Lau Sely mendatangi Ombusman Provinsi NTT di Kupang untuk melaporkan semua penyelewengan yang di lakukan oleh, Ebenhaizer Sau Sabu,SH selaku Kepala Desa Tubbe.

Reporter (M-Ex/MA)