Kades Incumbent Wajib Cuti Jika Ikut Pilkades Serentak 2019 Kabupaten Alor.

0
28
Asisten I Alor, Amirullah (Foto: Express.Com Mahensa/Efraim lamma koly)
Asisten I Alor, Amirullah (Foto: Express.Com Mahensa/Efraim lamma koly)

Mahensa Express.Com – Kalabahi, Pemerintah Kabupaten Alor mewajibkan kepada seluruh kepala desa (kades) incumbent untuk mengambil cuti penuh apabila yang bersangkutan hendak mengikuti prosesi pencalonan kades dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2019 Kabupaten Alor.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Alor Amirullah, SH mengatakan kewajiban mengambil cuti bagi Cakades Incumbent menjadi syarat mutlak.

Dia mengatakan surat permohonan cuti Cakades Incumbent diajukan kepada Bupati Alor, jadi apabila hingga saat ini ada Cakades Incumbent yang belum mengajukan cuti maka panitia pemilihan kepala desa, dapat mendiskualifikasi cakades bersangkutan.
“Ini sudah pertengahan proses dan tinggal 12 hari lagi akan dilakukan pemilihan kepala desa secara bersamaan di Kabupaten Alor,”ucap Amirullah.

Amirullah mengatakan, Cuti dilaksanakan apabila yang bersangkutan secara resmi telah ditetapkan sebagai calon kepala desa, tidak lagi sebagai bakal calon. Mekanismenya ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dipersyaratkan,” kata Amirullah kepada Mahensa Express.Com di ruang kerjanya pada (08/07/2019).

Dia membeberkan, syarat berupa surat tertulis izin cuti yang berisi tentang keikutsertaan kades bersangkutan dalam tahapan pencalonan.
“Setiap calon kepala desa Incumbent yang akan maju dalam Pilkades wajib menyerahkan surat cuti tersebut sebelum ditetapkan menjadi calon tetap. “Itu terhitung ketika yang bersangkutan mendaftarkan diri,”ujar Amirullah.

Reporter/Editor(efraim lama koly)