Kadis Abe : Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB Sangat Menolong Pengelola.

0
42
Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd dan Kadis Pendidikan Alor, Albert N. Ouwpoly berpose bersama usai,
Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd dan Kadis Pendidikan Alor, Albert N. Ouwpoly berpose bersama usai,"Launching Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB Jajaran Pendidikan Kabupaten Alor Meningkatkan Tata Kelola Dan Kinerja Pengelolan Dana BOS," di Aula Tara Miti Tominuku, Selasa (09/07/2019)

Mahensa Express.Com -Kalabahi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Alor dalam sambuatan pada kegiatan bertajuk,” Melalui Launching Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB Jajaran Pendidikan Kabupaten Alor Meningkatkan Tata Kelola Dan Kinerja Pengelolan Dana BOS,” di Aula Tara Miti Tominuku, Selasa (09/07/2019)
mengatakan kehadiran Sim Web sangat membantu para kepala sekolah dalam pengelolaan dana BOS di sekolah-sekolah.

Diharapkan dengan adanya SIM WEB untuk urusan Dana BOS kepala sekolah tidak perlu datang di Dinas Pendidikan tetapi cukup melalui email yang sudah disepakati bersaam dalam SIM BOS.

Kadis Abe Ouwpoly mengatakan selama ini para pengelola Dana BOS sangat kesulitan mengelola Dana BOS sebab letak sekolah topografi Alor yang cukup sulit. Hal inilah yang menyulitkan para Pengelola
Dana BOS di Kabupaten Alor setiap tahunnya.
“Tiap tahun anggaran diluncurkan Rp. 26 milyar tetapi tidak ada dana transportasi untuk para kepala sekolah yang mengrlola dana bos. Banyak pengelola Dana BOS yang terpaksa berutang untuk urus Dana BOS di Kalabahi,”katanya.

Terima kasih kepada Buapati dan Wakil Bupati Alor yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti Diklat PIM 2.
Di Diklat PIM 2 kami mengangkat pengelolaan Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB sebagai sebuah permasalahan di daerah yang harus diatasi.

Dalinas Pendidikan Kabupaten Alor, berkomitmen untuk menghadirkan aplikasi
Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB dalam pengelolaan Dana BOS sebagai solusi untuk membantu para kepala sekolah dan operator dana bos di sekolah-sekolah.

Peluncuran sistim informasi pengelolaan Dana BOS dengan Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB
maka pronsip efisien, efektif dan akuntable dapat dilaksanakan. Dengan Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB kedepan untuk urusan dinas tidak perlu melalui sistim surat menyurat tetapi cukup melalui aplikasi website yang ada.
” Langkah ini sudah sinkron dengan program UNDP, sehingga operator sekolah tinggal masukan alamat email bisa langsung buka aplikasi web,”paparnya.

Peluncuran Sim BOS SD-SMP Berbasis WEB diharapkan pengelolaan Dana BOS secara efektif,efisien dan akuntable dapat terwujud.
Bersurat ke dinas cukup masukkan alamat email sekolah, tidak lagi harus mendatangi kantor dinas tetapi melalui email yang sudah disepakati bersama.
‘ Ini era digitali millenium, seluruh sistem pelayanan pemerintah dipadukan dengan digital kalau kita ingin memacu proses percepatan pembangunan.

Terima kasih untuk wakil bupati Alor yang telah memberikan petunjuk dan arahan. Dengan sistim ini pengelolaan dan penyusunan RKA sekolah hingga sistim pelaporan akan berjalan dengan baik.
Apabila konsep ini dijalankan secara baik maka konsep Alor Pintar, Sehat dan Kenyang dapat terwujud.

Pada tahun 2019 makanan tambahan bagi anak sekolah untuk 20 sekolah di 4 kecaamatan. 5 sekolah di masing-masing kecamatan menjadi sample, Alokasi dana 2 milyar lebih untuk 60 kali makan bagi anak-anak. Ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini bupati dan wakil bupati yang telah mendorong dinas intuk mengajukan proposal.
Program makanan tambahan di Provinsi NTT ada 4 Kabupaten, Kabupaten Alor merupakan salah satunya,”kata Kadis Pendidikan Alor, Abe Ouwpoly.

Jajaran Diknas Alor berupaya maksimal mendukung konsep Alor Pintar, Sehat dan Alor Kenyang pendidikan sudah mulai mrpakukannya dan di tahun-tahun mendatang ada alokasi anggaran dari APBD untuk kecamatan di luar 4 kecamatan yang bersumbaer dari APBN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Reporter/Editor : efraim lama koly.

Facebook Comments