Kadis PU Alor : Resmi Sosialisasikan Penggunaan Apkikasi JOSS.

0
261
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir.Joseph Malaikosa pada kegiatanSosialaissi dan Publikasi pengendalian Jalan berbasis Teknologi Informasi Melalaui Aplikasi JOSS (Joint Organization And Stakeholder System) di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir.Joseph Malaikosa pada kegiatanSosialaissi dan Publikasi pengendalian Jalan berbasis Teknologi Informasi Melalaui Aplikasi JOSS (Joint Organization And Stakeholder System) di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum.

Mahensa Express.Com – Kalabahi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Alor, Ir.Joseph Malikosa pada Jumat (12/07/2019) melakukan Sosialaissi dan Publikasi pengendalian Jalan berbasis Teknologi Informasi Melalaui Aplikasi JOSS (Joint Organization And Stakeholder System)
di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum.

Kegiatan yang diikuti juga oleh, Ketua Asosiasi Gapensi Alor, Piter Mau Lobang, rekanan dan jurnalis, Kadis PU Jos Malaikosa mengatakan Sosialaissi dan Publikasi pengendalian Jalan berbasis Teknologi Informasi Melalaui Aplikasi JOSS merupakan hasil dari, Pelatihan kepemimpinan Nasional Tingak II Angkatan V Tahun 2019.

Peserta Sosialaissi dan Publikasi pengendalian Jalan berbasis Teknologi Informasi Melalaui Aplikasi JOSS (Joint Organization And Stakeholder System) foto bersama Kadis PU Alor, Ir.Joseph Malaikosa usai kegiatan sosialisasi
Peserta Sosialaissi dan Publikasi pengendalian Jalan berbasis Teknologi Informasi Melalaui Aplikasi JOSS (Joint Organization And Stakeholder System) foto bersama Kadis PU Alor, Ir.Joseph Malaikosa usai kegiatan sosialisasi

Kadis Jos Malaikosa mengatakan selama dirinya bertugas di Dinas Pekerjaan
Umum persoalan utama yang dihadapi yaitu pengendalian jalan, karena dari aspek pelaksnanaan dan pemeliharaan jalan belum berjalan secara optimal karena kondisi geografis.

Hal ini menjadi kendala sulitnya pelaksnaan pengawasan terhadap proses pekerjaan. Apabila terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), biasanya masyarakat baru melaporkan dalam forum musrembang.

Di Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Manusia sangat terbatas.
Sehingga apabila kita mau menerapkan pengunaan aplikasi ini secara benar maka orang akan bekerja sesuai tufoksinya. “Ksesulitan-kesulitan seperti inilah yang memotivasi saya untuk menghadirkan aplikasi berbasis teknologi, JOSS,”ujarnya.

Dijelaskan ketika ada orientasi di Provinsi Sumatera Barat, dia berkesempatan mengunjungi Kota Padang yang sangat sukses dengan program UKM.

Di Kota Padang, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi digabungkan menjadi satu. Usaha mikro kecil di Padang sangat maju, bayangkan UMK ada 12000 dan setiap pasar ditempatkan 3 orang untuk mnghendel aktifitas pasar,”paparnya.

Menurut, Jos Malaikosa termotivasi buat aplikasi karena dengn aplikasi akan memudahkan sistim pelayanan. Semua tata organisasi dan kegiatan di Dinas PU akan dan dimasukkan dalam aplikasi,” JOSS.

Kita adalah abdi masyarakat, abdi berarti pesuruh masyarakat sehingga dituntut untuk memberikan pelayanan secara baik. Dengan adanya aplikasi JOSS
semua proses pekerjaan akan diawasi admin. Setiap tahun anggaran Dinas Pekerjaan Umum paling banyak mrnghabiskan anggaran daerah, “karena PU paling banyak menggunakan anggaran sehingga sektor lain berjalan lambat,”ucapnya.

Untuk itu kualitas pekarjaan dari rekanan harus baik, terlebih jaga kualitas pekerjaan. Setiap laporan masyarakat hanya admin yang tahu, tim akan melakukan survey lapangan setelah itu admin akan melaporkan bahwa tim telah melakukan survey, pada tahapan ini publik sudah bisa lihat.

Pihak ketiga diingatkan untuk bekerja secara maksimal karena masyarakat dapat melaporkan kegiatan Dinas PU di lapangan secara langsung melalui aplikasi JOSS.

Kadis, Jos Malaikosa mengatakan minimal tahun 2022 seluruh ruas jalan di Kabupaten Alor dapat dikendalikan dengan aplikasi JOSS. Dinas akan melakukan pengembangan hingga aplkasi ini berbasis pelayanan perkantoran agar pelayanan lebih efisien dan efektif.

Dia berharap Kontraktor harus kerja lebih brhati-hati sebab masyarakat menitipkan sejumlah anggaran untuk dipegunakan dalam setiap item pekerjaan,” Untuk itu diharapkan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan rekanan harus menjaga kualitas pekerjaan. Dengan demikian kualitas pekerjaan akan semakin baik.

Aplikasi JOSS membuka ruang bagi masyarakat untuk melaporkan semua infrastruktur di dinas pu baik itu kualitas pekerjaan jalan maupun pekerjaan konstruksi Dinas PU lainnya,”ucap Jos Malaikosa.

Ketua Gapensi Alor, Piter Maulobang, kuatir kalau
aplikasi ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tetentu untuk memanfaatkan rekanan, aplikasi harus menjawab kebutuhan
administrasi dan aplikasi diharapkan tidak hanya memeberikan informasi tentang proses pekerjaan semata tetapi proses pelayaanan juga.

Berkaitan dengan pertanyaan dari Ketua Gapensi Alor tersebut, Kadis Jos Malaikosa mengatakan tanpa aplikasi pun masyarakat sudah bisa foto dan lapor. Pada era semakin maju tidak mungkin kita hindari kemajuan dan perkembangan teknologi.

Terima kasih untuk koreksi dari ketua Gapensi Alor,
kedepan aplikasi JOSS akan menjadi informasi utama di Dinas Pekerjaan Umum

Asosiasi dapat mensosialisasikan kepada anggota berkaitan dengan aplikasi ini. Kita berharap dengan adanya aplikasi JOSS akan lebih memudahkan tata kelola pelayanan,”tutupnya.

(M-Ex/Vs)

Editor(efraim lamma koly)

Facebook Comments