Brigjen TNI Steverly : Semoga Ruas Jalan Pailelang – Padang Baru Bermanfaat.

0
30
Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD 105 dari Mabesa TNI AD, Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan dan Asisten II Setda Alor, Drs.Dominggus Asadama.
Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD 105 dari Mabesa TNI AD, Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan dan Asisten II Setda Alor, Drs.Dominggus Asadama.

Mahensa Express.Com – Alor, Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD 105 dari Mabesa TNI AD, Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan, Senin (05/08/2019) meninjau lokasi Program TNI Manunggal Membangun Desa TMMD ke-105 Kodim 1622/Alor di Desa Pailelang, Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor, NTT Senin (05/8/2019).

Dalam sambutannya di Desa Pailelang, Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan mengatakan
Melalui TMMD, TNI AD membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, membantu percepatan pembangunan dan menjaga Kamtibmas di pedesaan dalam rangka mewujudkan ketahanan Nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat.

Dikatakan TNI AD mengucapkan penghargaan atas segala penerimaan sejak dari bandara oleh Bupati Alor, Drs.Amon Djobo hingga penerimaan masyarakat di Padang Baru dan di Desa Pailelang ini, untuk semua penghargaan ini kami ingin katakan bahwa sambutan sangat luar biasa, hal ini dapat kami lihat dari pancaran mata, pandangan mata, wajah-wajah yang menunjukkan kesenangan dan keikhlasan, membuat kami lebih rindu untuk datang ke Alor lagi.

Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan
yang baru pertama kali datang di Alor tersebut mengatakan, meskipun baru pertama datang di Alor tetapi sudah minum air Alor dan makan ubi di Padang Baru, sehingga pasti tidak mungkin lupa Alor.

Ketua Tim Wasev, Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan menyatakan rasa terima kasihnya kepada Bupati Alor, Drs.Amon Djobo dan jajarannya atas penyelenggaraan TMMD-105 di Desa Pailelang dengan dukungan pendanaan hingga proses pelaksanaan TMMD-105.

Dia mengatakan TMMD merupakan salah satu tugas TNI AD dalam menangani tugas pembinaan teritorial dan wujud dari bakti TNI AD. Lanjutnya, tugas TNI adalah menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. TNI mempunyai tugas membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung program pemerintah daerah dan pemerintah pusat dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta stakeholder untuk
meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Kita semua berkeinginan Indinesia lebih baik dan maju. Ini tidak berlaku untuk satu tempat tetapi dari Sabang hingga Merauke dan dari Miyanggas hingga Rote mempunyai hak yang sama untuk hidup lebih sejahtera.
Pemerintah dalam membangun secara bertahap karena dihadapkan dengan kemampuan pemerintah yang memang belum bisa membangun semuanya secara bersmaan, sehingga ada skala prioritas,”ucapnya.

Ketua Tim Wasev mengatakan TMMD-105 Korem 161 yang dilaksanakan di Pailelang dan Padang Baru, dari mekanisme perencanaan sudah sesuai. Berdasarkan
penjelasan Bupati Alor dan jajarannya, program TMMD sangat dinantikan oleh masyarakat karena dapat membantu meningkatkan kesejahteraan menuju pada taraf hidup yang lebih baik.

Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan berharap dengan adanya jalan penghubung dari Pailelang ke Padang Baru masyarakat dapat menjual hasil komoditinya untuk membiayai pendidikan anak maupun untuk kebutuhan hidup.
Sebab selama ini berdasarkan pengakuan masyarakat di Padang Baru untuk jual hasil ke Kalabahi atau Moru mereka harus pikul, itupun hanya mampu pikul 25 Kg tetapi sekarang bisa bawa lebih banyak untuk di jual karena menggunakan kendaraan bermotor,”paparnya.

Diharapkan kegiatan ini tidak berakhir tetapi akan terus berlanjut sesuai dengan harapan TNI AD bahwa TMMD akan dilanjutkan oleh pemerintah daerah dari sisi perencanaan dan dukungan anggaran. Mudah-mudahan ruas jalan yang menghubungkan Pailelang-Padang Baru berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Pailelang dan Padang Baru agar lebih maju dan lebih sejahtera.

Proficiat untuk Pemda Alor yang telah memberikan dukungan anggaran berkaitannya dengan program TMMD. Anggaran APBD Pemda Alor untuk galian phisik dan anggaran dari APBN melalui TNI AD untuk mendukung operasional TMMD.

Brigjen TNI Steverly Chistmast Parengkuan mengatakan TNI AD
berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Alor dan media yang telah meliput kegiatan TMMD sehingga diketahui oleh banyak orang. Berkaitan dengan pelaksanaan, dari segi perencanaan sudah sesuai dengan harapan karena inti dari TMMD yaitu membantu Pemda meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Perencanaan TMMD di Alor sudah sesuai dari segi perencanaan. Program pembukaan jalan dari Pailelang ke Padang Baru, pembuatan taman baca, lapangan voli, perbaikan rumah ibadah (gereja) di Padang Baru, perbaikan rumah salah satu janda di Pailelang semua ini merupakan program yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Dari sisi pelaksanaan bongkar jalan, perbaikan rumah ibadah, taman baca dan lapangan voli semuanya sudah selesai.

Diharapkan program TMMD dapat bermanfaat dan dinikmati masyarakat. Apa yang sudah ada dipelihara secara berkelanjutan akan menjadi skala prioritas. Secara kuantitas sarana phisik akan ditingkatkan, saat ini baru sampai di Padang Baru, mudah-mudahan kedepan akan lebih jauh lagi sampai ke tempat yang lebih jauh dan terisolir,”tutup Ketua Tim Wasev.

Facebook Comments