Gandeng PKBM Alorindah, Lapas Kalabahi Gelar Pendidikan Kesetaraan Bagi Warga Binaan.

0
61
Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH,  Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P, Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST bersama warga binaan Lapas Kalabahi
Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH,  Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P, Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST bersama warga binaan Lapas Kalabahi

Mahensa Express.Com – Kalabahi, Disdik Alor bersama PKBM Alorindah dan Lapas Kalabahi gelar Acara Penandatanganan MoU Kegiatan Belajar Mengajar Antara Lapas Kalabahi Dan PKBM Alorindah menjalin kerjasama Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C Sealasa (01/10/2019)

Sesuai pantauan Mahensa Express.Com pada, Selasa 1 Oktober 2019 bertempat di Aula Lapas Kalabahi acara penandatanganan MoU antara Lapas Kalabahi yang di lakukan oleh, Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH dan Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P.

Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH,  Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P, Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST bersama pagawai Lapas Kalabahi
Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH,  Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P,  Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST pose bersama pagawai Lapas Kalabahi

Kepala Dinas Pendidikan Alor, Albert N.Ouwpoly melalui Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK,
Sitti Sahida Karoko,ST
mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan hak warga binaan dalam memperoleh pendidikan dan pengajaran. Pendidikan di Lapas Kalabahi sebenarnya merupakan hak dari warga pemasyarakatan. Sitti Karoko memotivasi warga binaan agar tetap semangat dan tak berkecil hati menuntut ilmu pada usia seperti itu.

Sitti Karoko bersyukur karena dapat bertemu dengan warga binaan di Lapas,”tanpa kesempatan seperti ini pasti tidak akan pernah bertemu. Terima kasih Kalapas karena telah memberi kesempatan kepada PKBM Alorindah untuk bekerjasama pendidikan kesetaraan bagi warga Lapas. Apabila ada kekurangan berkaitan dengan kurikulum dan hal lainnya PKBM Alorindah dapat menghubungi Diknas Alor,”katanya.

Informasi dari Kalapas Kalabahi bahwa ada 90 warga binaan Lapas yang akan mengikuti pendidikan kesetaraan Paket A, B dan Paket C. Warga binaan yang sudah terdaftar di PKBM Alorindah untuk mengikuti proses pendidikan kesetaraan secara otomatis datanya akan terentri di Dapodik.

Tandatangan MoU antara Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH dan  Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P disaksikan Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST
Tandatangan MoU antara Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH dan  Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P disaksikan Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST

Dia ingatkan warga Lapas untuk melengkapi persyaratan seperti Kartu Keluarga (KK), ijasah sebelumnya dan Akte Kelahiran sebagai data pendukung sehingga
apabila data Dapodik sudah terentri maka peserta belajar bisa mengikuti ujian akhir.

Ujian akhir untuk peserta warga binaan yang mengikuti Paket B dan Paket C akan menggunakan sistim UNBK,”jadi walaupun hanya mengikuti pendidikan kesetaraan, pendidikan non formal tetapi levelnya sama dengan peserta yang memperoleh ijasah formal.

Dia yakin warga binaan Lapas akan mendapat kemajuan luar biasa karena Tenaga Pengajar dari PKBM Alorindah adalah orang-orang profesional dalam bidangnya. Ijasah yang dikeluarkan PKBM Alorindah setara dengan ijasah di sekolah-sekolah reguler, jadi warga binaan tidak perlu ragu,”paparnya.

Kepala Lapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH menyambut baik program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan Paket C di Lapas Kalabahi yang dipelopori PKBM Alorindah.

Mukhtar Mengatakan pendidikan kesetaraan sangat bermanfaat bagi warga binaan. Harapannya, pendidikan kesetaraan dapat memberikan manfaat dikemudian hari dan menjadi modal untuk mencari pekerjaan setelah bebas nanti. “Pendidikan di Lapas sebenarnya merupakan hak dari warga pemasyarakatan. Hal ini tertera dalam UU Pemasyarakatan No.12 tahun 1995 mengenai hak warga binaan untuk memperoleh pendidikan. Ini merupakan salah satu sarana agar mereka merasa dihargai.

Mukhtar menambahkan, selama ini Lapas Kalabahi terus mendorong warga binaan mengikuti pendidikan kesetaraan sebagai modal setelah keluar,” ujar Mukhtar.

Penandatanganan MoU opeh Kalapas, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH disaksikan Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P dan Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST
Penandatanganan MoU oleh Kalapas Kalabahi, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH disaksikan Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P dan Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST

Terima kasih untuk Ketua PKBM Alorindah yang
menyambut niat baik Lapas untuk pendidikan kesetaraan bagi warga binaan di Lapas.

Menurut Kalapas, Mukhtar yang sebelumnya menjabat Kalapas Anak di Pekanbaru ini, dia mengucapkan terima kasih atas dukungan PKBM Alorindah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Alor yang mau berbagi dengan sesama warga binaan Lapas Kalabahi.

“Ada sekitar 90 orang warga binaan Lapas Kalabahi yang membutuhkan bimbangan dan pendidikan kesetaraan dari PKBM Alor Indah. Dengan program pendidikan kesetaraan diharapkan warga binaan putus sekolah dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah bebas.

“Sebagai pimpinan kami telah sampaikan kepada warga binaan untuk terus bersemangat dalam belajar. Dia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Mukhtar menceritakan pengalamannya sewaktu jadi Kalapas Anak di Pekanbaru, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan hasilnya banyak warga binaan yang bisa bekerja dengan ijasah paket setelah keluar dari Lapas.

Dia berharap setelah
keluar dari Lapas warga binaan dapat membanggakan keluarga yang ada di luar,”karena di Lapas bukan hanya menjalani proses tetapi, ketika keluar dapat membawa pelajaran berguna untuk dirinya dan keluarga,”ucap Mukhtar.

Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P, Kalapas, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH dan Kepala Seksi Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST
Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P, Kalapas, Mukhtar,Bc,IP. S.Ag, MH dan Kasi Kurikulum PAUD PKLK, Sitti Sahida Karoko,ST

Senada dengan Kalapas Alor, Ketua PKBM Alorindah, Elyas Y. Asamau, S.IP, M.P.P dalam sambutannya mengatakan dia bersyukur karena setidaknya ada nilai kebaikan yang dapat disumbangkan untuk dunia Pendidikan Alor khususnya pendidikan non formal karena pendidikan dapat menjdi solusi untuk keluar dari keterbatasan.

Menurut sosok yang akrab di sapa, El Asamau ini
PKBM Alorindah menjadi wadah bagi dia untuk berbagi, sehingga ketika Kalapas menyatakan niatnya kami sambut niat tersebut untuk melakukan kegiatan pendidikan kesetaraan di Lapas.

“Setelah penandatanganan MoU, PKBM Alorindah akan mengatur jadwal kegiatan belajar mengajar, “tutor akan datang langsung ke Lapas dan warga binaan bisa mengikuti jadwal belajar yang telah ditetapkan.

Berkaitan dengan proses KBM di Lapas Kalabahi warga binaan dibebaskan dari semua proses pembiayaan. Warga binaan hanya menyiapkan dokumen seperti ijasah terakhir dan Kartu Keluarga agar bisa diketahui warga binaan berada pada level belajar pendidikan kesetaraan mana, “paket A, B atau paket C. Untuk warga binaan yang tidak punya ijsah kami akan berusaha memulai dari awal.

Warga binaan tidak perlu kuatir karena setiap tahun bisa ikut ujian, mulai dari dasar paket A hingga paket C. Kartu Keluarga (KK) dari warga binaan diperlukan untuk pengisian Dapodik, jadi NIK dibutuhkan sebagai data pendukung,”paparnya.

Ketua PKBM Alorindah menjelaskan berdasarkan PP Nomor.13 Tahun 2015, PKBM diberikan kepercayaan menyelenggarakan pendidikan kesetaraan, Paket, A, B dan C.
Ditegaskan bahwa Ijasah yang dikeluarkan PKBM adalah ijasah sah, setara ijasah di sekolah-sekolah reguler. Ijasah dari pendidikan kesetaraan bisa dipergunakan untuk melamar tes kedinasan seperti IPDN dan tes kedinasan pada perguruan tinggi lainnya.

Berdasarkan pengalaman kami di IPDN, banyak mahasiswa yang menggunakan ijasah paket C untuk melamar pekerjaan dan keperluan lainnya,”Jadi tidak ada perbedaan karena pada prinsipnya semua level sama dan setara.

Dia berharap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, Albert N.Ouwpoly,S.Pd,M.Si akan terus mensuport PKBM Alorindah untuk keberhasilan proses pendidikan secara tekhnis maupun kegiatan belajar warga binaan di Lapas Kalabahi,”ujar El Asamau. (efk)

Editor : efraim lamma koly

Facebook Comments