Teriakan Warga Lampung Utara ‘Hidup KPK’ Saat OTT Bupati Diharap Jadi Perhatian Jokowi

0
37
Wawan Suyatmiko (Foto: Lisye/detikcom)
Wawan Suyatmiko (Foto: Lisye/detikcom)

Mahensa Express.Com – Lampung, Warga Lampung Utara bersorak ‘Hidup KPK’ saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap bupati mereka, Agung Ilmu Mangkunegara. Transparency International Indonesia (TII) menilai sorakan tersebut adalah cerminan dukungan masyarakat kepada KPK yang independen tak ada henti-hentinya.

“Tetapi saya melihat dukungan terhadap KPK ini memang nggak ada henti-hentinya, dukungan terhadap KPK yang kuat tentunya ya. KPK yang kuat, mandiri, independen itu datang dari masyarakat,” ujar peneliti TII, Wawan Suyatmiko kepada wartawan, Senin (7/9/2019) malam.

Dirilis dari detikNews Wawan mengatakan dukungan yang diberikan oleh warga Lampung Utara tersebut patutnya dijadikan modal oleh Presiden Jokowi untuk membuat kebijakan yang memperkuat KPK. Salah satu kebijakan itu adalah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan UU KPK yang telah disahkan oleh DPR.

“Sehingga ini menjadi satu hal yang bisa digunakan oleh presiden sebagai modal bahwa dia tidak perlu takut untuk mengeluarkan sebuah kebijakan (Perppu) yang tujuannya memperkuat KPK,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Wawan menyebut Lampung Utara adalah salah satu kabupaten yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi. Wawan mengatakan OTT yang dilakukan terhadap Agung adalah salah satu upaya KPK untuk mengembalikan uang rakyat.

“Kalau kita cek data Lampung ini termasuk provinsi yang termiskin, bahkan Lampung Utara itu termasuk salah satu Kabupaten yang mempunyai kemiskinan juga absolut gitu ya. Artinya sebenarnya warga berharap bahwa kerugian keuangan negara yang diakibatkan oleh korupsi itu nantinya itu bisa dikembalikan ke masyarakat menjadi sebuah pembangunan yang mereka rasakan juga. Artinya ya masyarakat dukung KPK,” ujar Wawan.

Sebelumnya, ada momen menarik saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara. Warga yang berkumpul di sekitar rumah dinas bupati meneriakkan dukungan pada KPK.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu, (6/10/2019) malam. Warga yang mendapat berita tentang OTT KPK terlihat berkumpul di sekitar rumah dinas bupati.

“Hidup KPK, KPK, KPK!” teriak warga saat ada empat mobil yang keluar dari rumah dinas.

Artikel ini telah tayang di detikNews dengan judul,”Ada ‘Hidup KPK’ di OTT Bupati Lampung Utara Diharap Jadi Perhatian Jokowi.

Facebook Comments