Alami Kebocoran, KLM Ratu Pelangi Tenggelam di Perairan Alor NTT.

0
186
Foto : Saat Tim Basarnas Maumere mengantar pulang wisatawan, anak buah kapal, dan tour guide, di Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT, Kamis (24/10/2019).
Foto : Saat Tim Basarnas Maumere mengantar pulang wisatawan, anak buah kapal, dan tour guide, di Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT, Kamis (24/10/2019).

Mahensa Express.Com –
Maumere, Kapal Layar Motor (KLM) Ratu Pelangi tenggelam di perairan Desa Walerang, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Rabu (23/10/2019), pukul 08.45 Wita.

Kepala Basarnas Maumere, I Putu Sudayana menuturkan, KLM Ratu Pelangi berangkat dari pelabuhan Kalabahi, Senin (21/10/2019), menuju Pulau Manu dengan membawa 21 orang yang terdiri dari 8 awak kapal, 12 WNA, dan 1 pemandu wisata.

Mereka ke Pulau Manu untuk berlibur. Dalam perjalanan menuju Pulau Manu, KLM Ratu Pelangi mengalami kebocoran, sehingga kecelakaan pun tak bisa dihindari.

Dilansir dari KOMPAS.com,”
Atas kejadian itu, Kapten KLM Ratu Pelangi pun segera menginstrusikan kepada semua awak kapal dan penumpang untuk meninggalkan kapal dengan menggunakan 2 buah sekoci.

Agen KLM Ratu Pelangi segera melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere.

“Setelah dapat laporan kami langsung berkoordinasi dengan seluruh instasi potensi Sar di wilayah kerja Kansar Maumere seperti Polsek Alor Timur, Pos Pol Air Alor, Pos AL Alor, KP3L Alor, KSOP Alor dan BPBD Alor,” kata Sudayana, kepada Kompas.com, melalui pesan singkat, Kamis (24/10/2019) malam.

Ia menyebut, dari kantor Basarnas Maumere juga memberangkatan 3 orang personelnya menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Dijelaskan, semua penumpang baik WNA, pemandu wisata, dan anak buah kapal dapat diselamatkan.

“WNA dan ABK seluruhnya dievakuasi menggunakan truk angkut personel dari Pos Sar Alor menuju Kota Kalabahi. Semua ABK sudah diantar ke rumah masing-masing sedangkan para wisatawan telah disediakan penginapan oleh agen KLM Ratu Pelangi,” ungkap Sudayana.

Artikel ini telah tayang di KOMPAS.com dengan judul,” Alami Kebocoran, Kapal Pesiar Tenggelam di Perairan Alor NTT

Facebook Comments