Kepala BNN RI Beri Kuliah Umum Dan Tanda Tangan MOU Dengan Undana.

0
28

Mahensa Express.Com – Kupang, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, S.H., berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam lawatannya Kepala BNN RI berkesempatan memberikan kuliah umum di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNN RI menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) bersama dengan Rektor Undana Prof. Ir. Fredik L. Benu, M.Si., Ph.D. Selain itu penandatanganan juga dilakukan oleh Kepala BNN Provinsi NTT, Brigjen Pol. Teguh Iman Wahyudi, S.H. bersama dengan Wakil Rektor Undana bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Siprianus Suban Garak, M.Sc.

Kepada Rektor Undana, Heru menyerahkan gambar jenis-jenis narkoba untuk disosialisasikan kepada mahasiswa. Fred Benu pada saat menerima gambar tersebut langsung menyerahkan kepada Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dengan pesan untuk dapat menjalankan tugas tersebut.

“Ini adalah tanggung jawab Bapak, silakan dikerjakan,” ujar Benu kepada Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Undana.

Pada saat menyampaikan materi di depan 1.000 lebih mahasiswa Undana dari 14 Fakultas, Kepala BNN RI mengatakan bahwa ada 803 jenis narkoba New Psychoactive Substances (NPS) di dunia dan untuk Indonesia terdapat 74 jenis narkoba NPS. Dari 74 jenis tersebut, sebanyak 72 jenis sudah terdaftar dalam Permenkes Nomor 20 Tahun 2018.

“Jadi ada 2 jenis yang belum terdaftar di Permenkes,” ujar Heru.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, S.H., saat melantunkan lagu
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, S.H., saat melantunkan lagu

Di hadapan mahasiswa, Rektor, Wakil Rektor, beberapa Dekan Fakultas dan juga pegawai BNN Provinsi NTT, Heru Winarko secara tegas menyampaikan bahwa narkoba jenis NPS sangat berbahaya.

Guna membangun sinergitas dalam memberantas narkoba di NTT, Kepala BNN RI juga menyematkan PIN relawan anti narkoba kepada 22 mahasiswa secara simbolis.

Heru menyampaikan bahwa para relawan akan diberikan pemahaman terkait narkoba, bahaya dan penyalahgunaan serta tentang penanganannya untuk bisa disosialisasikan baik dalam kampus maupun di luar kampus.

Sementara itu, Rektor Undana, Fred Benu dalam sambutannya mengatakan bahwa Undana sudah secara rutin melakukan tes narkoba bagi setiap mahasiswa baru yang diterima. Dan sejauh ini belum ada mahasiswa yang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Lanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan tes narkoba lagi bagi semua mahasiswa untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan narkoba. “Sejauh ini saya belum dengar mahasiswa saya menggunakan narkoba. Kalaupun ada saya belum dengar. Dan saya minta kepada Pak Kepala BNN Provinsi, kalau ada mahasiswa saya yang menggunakan narkoba tolong laporkan, saya akan keluarkan, “tegas Benu.

Di akhir kegiatan kuliah umum yang mengangkat tema ‘Menyelamatkan Generasi, Merawat Negeri dari Ancaman Kejahatan Narkoba’, Kepala BNN RI mempersembahkan satu buah lagu kepada seluruh peserta. Para peserta pun hanyut dalam lantunan kata demi kata yang dinyanyikan oleh Komisaris Jenderal Polisi Heru Winarko.

Penulis (Joe Tkikhau
rony banase)

Artikel ini telah tayang di
Garda Indonesia dengan judul,”Kepala BNN RI Beri Kuliah Umum Dan Tanda Tangan MOU Dengan Umdan.

Facebook Comments