Hujan Pertama, Walikota Kupang Tinjau Langsung Drainase Dan Jalan-jalan Utama 

0
32

Mahensa Express.Com – Kupang, Hujan pertama (musim hujan 2019-2020, red) yang mengguyur Kota Kupang pada Kamis (8/11/19) siang, mendorong Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore untuk turun langsung ke jalan-jalan utama di Kota Kupang guna memeriksa dan memantau drainase yang tersumbat.

Sesuai pantauan wartawan, akibat hujan tersebut drainase di Jl. El Tari, tepatnya di sekitar ujung timur jalan tersebut (bagian selatan lapangan Bola Polda NTT, red) tersumbat, terjadi genangan air dan mengakibatkan lumpur dan sampah berserakan di badan jalan tersebut.

Tampak beberapa petugas kebersihan berpakaian oranye berupaya membersihkan sampah, lumpur dan drainase yang tersumbat sesaat setelah hujan berhenti.

Wali Kota Jefri bersama para petugas dari Dinas LHK dan Dinas PUPR turun ke lokasi. Turut hadir Kepala Dinas LHK Yeri Padji Kana dan Kepala Dinas PUPR, Hengky Ndapamerang.

Melihat genangan air berlumpur dan sampah yang berserakan di badan jalan El Tari, Wali Kota Kupang Jefri meminta petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) untuk sesegera mungkon membersihkan drainase yang tersumbat, lumpur dan sampah tersebut. Wali Kota Jefri minta Dinas PUPR untuk memperbaiki drainase yang rusak.

“Kita cek ternyata selokan tersumbat karena sampah. Baru hujan pertama sudah seperti ini, sehingga petugas saya minta selalu siaga. Masyarakat diharapkan tidak membuang sampah sembarangan di got,” kata Jefri.

Petugas yang turun ke lokasi mengerahkan satu unit truk dan tanki penyedot untuk membersihkan selokan yang tersumbat akibat sampah. “Kami juga akan pasang ram-ram yang bisa membatasi sampah-sampah pada saluran yang sudah dipersiapkan, sebab saluran yang ada sudah bagus, namun karena disiplin warga yang kurang baik maka saluran jadi mampet,” ungkapnya.

Wali Kota Jefri menegaskan bahwa petugas akan terus disiagakan untuk membersihkan dan memperbaiki drainase. Namun hal tersebut sia-sia jika masyarakat tetap membuang sampah sembarangan, bahkan membuang sampah ke drainase.

Untuk itu, ia berharap kesadaran semua pihak untuk membuang sampah pada tempatnya. “Mari kita semua menjaga kebersihan kota ini dengan membuang sampah di tempat sampah. Kalau buang di selokan, maka hujan pasti air meluap,” kata Jefri. (MA/tim)

Facebook Comments