30 Tim Bakal Ramaikan Liga Remaja, Copa Paman Sam NTT 2020

0
62

Mahensa Express.Com – Kupang, Pencinta Sepak Bola NTT sebentar lagi terhibur melalui Liga Sepak Bola Remaja yang disebut Copa Paman Sam NTT 2020. Kegiatan ini terorganisir oleh para pemuda Kota Kupang yang menamakan diri Komunitas Paman Sam. Even tersebut tidak saja bertujuan memberi hiburan kepada masyarakat melalui bentuk sepak bola. Tetapi lebih dari itu memasyarakatkan sepak bola itu sendiri sehingga semua masyarakat bisa bersatu melalui sepak bola.

Demikian penjelasan ketua panitia Copa Paman Sam, Hironimus Dahon, SE pada Rapat Lanjutan Panitia Copa Paman Sam NTT yang berlangsung di Resto Palapa (28/11/2019)

Lebih lanjut kepada forum panitia, Hiro menjelaska bahwa tujuan dari diselenggarakannya even ini antara lain untuk menumbuhkembangkan industri sepakbola di NTT. Selain itu juga menggalang partisipasi orang muda untuk menghindari kegiatan-kegiatan kontra produktif dimasa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Sebaliknya lebih bersatu sebagai potensi daerah dan bangsa melalui sepakbola.

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pertandingan futsal antar tim/club pemuda sekelurahan Kota Kupang dengan peserta sekitar 30 tim/club.

Hiro juga menjelaskan bahwa proses pendaftaran peserta pertandingan Copa Paman Sam NTT 2020 sementara berjalan dan hingga saat ini sudah ada sekitar 20-an club yang telah mendaftar. “Pertandingan Copa Paman Sam NTT 2020 resmi akan kick off bulan Januari 2020 bertempat di Gedung Olah Raga (GOR)Oepoi Kupang.” tandas Hiro.

Copa Paman Sam NTT seharusnya dimulai di Desember pekan depan tetapi informasi dari pengelola GOR bahwa Desember ini GOR telah penuh terisi dengan even-even yang diselenggarakan organisasi lain.

Selain futsal, Copa Paman Sam juga akan dibarengi kegiatan lain seperti lomba tarian kreasi remaja atau orang muda seperti break dance atau lomba cheer leader. Peserta adalah masyarakat Kota Kupang, khususnya remaja anak sekolah.

Sesuai rencana kegiatan Copa Paman Sam NTT 2020 akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Even tersebut juga akan dihadiri Wakapolda NTT, Brigjen Pol.Drs Jhoni Asadoma, S.I.K, M.Hum.

Panitia juga akan mengemas kegiatan pembukaan turnamen tersebut dalam nuansa budaya Timor NTT dengan mementaskan tarian daerah Timor.

Sementara itu Sekretaris Panitia, Patrick Djuang Rebong, S.IP pada kesempatan bicaranya membeberkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000/tim. Dan semua tim akan memperebutkan posisi juara I, Juara II, Juara III. Ada hadiah juga bagi para top scorer best player diakhir even tersebut.

Lebih lanjut Patrick juga menjelaskan bahwa even ini akan turut melibatkan beberapa sponsor Copa Paman Sam untuk mendukung kelancaran even tersebut.

“Sponsor kita libatkan agar mendukung kita dibagian-bagian yang tidak tercover oleh panitia mengingat even ini membutuhkan banyak biaya. Mulai dari awal proses hingga aktivitas-aktivitas dan operaisonal selama pertandingan.” tandas Patrick.

Menanggapi pemaparan panitia tentang progress persiapan panitia, Paman Sam, sapaan akrab Samuel Haning, SH, MH selaku penasehat Copa Paman Sam NTT 2020 berharap agar even ini didesign menjadi wahana pembinaan bakat dan olah raga bagi masyarakat Kota Kupang.

“Yang paling penting dari kegiatan ini memupuk rasa persaudaraan yang memasyarakatkan sepakbola. Terlepas dari orang memandang even ini seperti apa, tetapi yang paling penting kita menciptakan even ini memasyarakatkan, membina dan mengasah bakat dan minat orang muda dengan sepakbola .” tandasnya. (MA/tim)

Facebook Comments