Dapat Bantuan dari Ditjen PAUD dan DIKMAS, Nice Handycraft gelar Pelatihan Gratis

0
10
foto/rony banase
foto/rony banase

Mahensa Express.Com –
Kupang, Lembaga Kursus dan Pelatihan Kerajinan Nice Handycraft yang berlokasi di Jalan Vetnai No.17 Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, memperoleh bantuan Kemitraan dan Publikasi Jenis Ketrampilan/ Program Hantaran dari Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI Tahun 2019.

Dilansir dari, Garda Indonesia bantuan Kemitraan dan Publikasi Jenis Ketrampilan/Program Hantaran (hantaran sukacita, dukacita) kerja sama antara Lembaga Pelatihan Nice Handycraft dengan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Timur (BP PAUD Dikmas NTT).

Direktris Lembaga Kursus dan Pelatihan Nice Handycraft, Nining Suwardi, kepada media ini pada 28 November 2019 menyampaikan jenis bantuan yang diterima berupa meja kerja, kursi, mesin jahit, in focus, kipas angin, lemari penyimpanan, alat kerajinan dan bahan kerajinan dengan total dana bantuan sebesar Rp.53.750.000,- (lima puluh tiga juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang dimanfaatkan untuk manajemen, pengadaan alat bahan dan publikasi, promosi, baliho, dan kartu nama.

Direktris Nice Handycraf, Nining Suwardi saat menyampaikan cara mengolah kain percah dari tenun kepada para peserta pelatihan (foto/rony banase)
Direktris Nice Handycraf, Nining Suwardi saat menyampaikan cara mengolah kain percah dari tenun kepada para peserta pelatihan (foto/rony banase)

Selain itu, ujar Nining, Nice Handycraft harus memberikan pelatihan gratis bagi 10 (sepuluh) orang selama 100 (seratus) jam dari latar belakang berbeda yang berminat mengikuti pelatihan dari Nice Handycraft pada 27—28 November 2019.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari Ditjen PAUD dan Dikmas. Kami dari Nice Handycraft memberikan pelatihan gratis sekaligus untuk mencoba sarana dan prasarana yang diterima. Kami juga memberikan pelatihan untuk membuat aksesoris dari bahan tenunan berupa anting, kalung, gelang, (termasuk kemasan), tas, dan materi wirausaha,” ujar Nining Suwardi.

Nice Handycraft memiliki 4 (empat) orang instruktur dengan kompetensi 3 (tiga) orang level 2 (dua) dan 1 (satu) orang level 1 (satu) dan Nice Handycraft meraih Juara III Nasional pembuatan aksesoris yang dihelat Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia (IPHI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diselenggarakan pada September 2019 di Jakarta.

Para peserta pelatihan berpose dengan hasil kreasi dari percah kain tenun (foto/rony banase)
Para peserta pelatihan berpose dengan hasil kreasi dari percah kain tenun (foto/rony banase)

Salah satu peserta pelatihan, Fera Korohama dari Larantuka Flores Timur, mengatakan setelah memperoleh informasi dari Nice Handycraft saat mengikuti Kemah Literasi NTT 2019 sangat tertarik untuk mengikuti pelatihan gratis pembuatan aksesoris dari kain tenun.

“Saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti pelatihan ini dan merasakan manfaat dari pelatihan gratis dari Nice Handycraft yang dapat digunakan untuk memanfaatkan kain percah dari tenun agar menambah penghasilan keluarga,” ungkap Fera Korohama.

Terpisah, Kepala BP PAUD Dikmas NTT, Maria B.Advensia, S.H., M.Hum., pada Jumat, 29 November 2019 menyampaikan harapan agar bantuan yang diberikan kepada Nice Handycraft dapat dimanfaatkan dengan maksimal. “Harapan kami jangan hanya menerima bantuan namun terus berkembang dan berinovasi,” imbuh Bertha Salem sapaan akrabnya.

Kepala BP PAUD Dikmas NTT mengatakan bahwa bantuan yang diberikan diperuntukkan bagi lembaga yang memiliki prestasi dan berharap agar bantuan yang diberikan dapat menjawab kebutuhan dari Nice Handycraft.

Penulis (+rony banase)

Facebook Comments