Pemdes Dulolong Gelar Pelatihan Aplikasi SIMKADes.

0
29
Kepala Desa Dulolong, Muhamad Palae, Sekretaris Camat Alor Barat Laut,Makdurah Sang S.Kom dan Mentor
Kepala Desa Dulolong, Muhamad Palae, Sekretaris Camat Alor Barat Laut,Makdurah Sang S.Kom dan Mentor

Mahensa Express.Com – Kalabahi, Untuk
mendukung program pemerintah dalam mewujudkan sumber daya manusia unggul di Desa Dulolong, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada, Selasa (03/12/2019) Pemerintah Desa Dulolong gelar pelatihan untuk memanfaatkan hadirnya teknologi informasi dalam pengurusan administrasi desa.

Dengan adanya, Aplikasi “Sistim Informasi Manajemen Kependudukan dan Adminstrasi Desa (SIMKADes) pelayanan publik desa Dulolong tidak lagi menggunakan sistem manual tapi menggunakan data yang ada di Aplikasi desa.

Aplikasi ini merupakan inovasi di bidang tata kelola administrasi pemerintah desa yang telah terintegrasi dengan sistem layanan administrasi dan kebutuhan desa lainnya.

Kepala Desa Dulolong, Muhamad Palae dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sejenis pernah dilakukan di Desa Alor Kecil dan Desa Lefo Kisu.

Penggunaan SIMKADes merupakan bentuk kesepahaman data terkoneksi yaitu, Alor satu data, kecamatan satu data dan desa satu data.

Menurut Kades, Muhamad Palae pelatihan penggunaan SIMKADes di Desa Dulolong Tahun 2019 ini juga akan dilakukan oleh desa-desa lain di Kecamatan Alor Barat Laut. Sesuai pantauan wartawan turut hadir dalam kegiatan pelatihan beberapa kepala desa Kepala Desa di Kecamatan Alor Barat Laut

Pemerintah Desa Dulolong berterima kasih kepada pemerintah kecamatan, mentor, para undangan serta peserta yang berkesempatan mengikuti kegiatan SIMKADes. Kades Muhamad Palae berharap aparat Desa Dulolong mengikuti kegiatan tersebut dengan baik karena sangat penting dan bermanfaat dalam melakukan pelayanan publik.

Kepala Desa Dulolong, Muhamad Palae, Sekretaris Camat Alor Barat Laut,Makdurah Sang S.Kom dan Mentor
,Sekretaris Camat Alor Barat Laut,Makdurah Sang S.Kom, Kepala Desa Dulolong, Muhamad Palae  dan Mentor

Anggaran untuk kegiatan ini sesungguhnya bersumber dari Anggaran tahun 2017 tetapi tapi tidak manfaatkan, Sementara untuk kegiatan itu pemerintah desa mengunakan pos anggaran tahun 2018.

Dia berterima kasih kepada mentor karena aplikasi untuk Desa Dulolong adalah aplikasi terbaru, “aparatur desa harus mengikuti kegiatan tersebut secara baik sehingga dapat mengusai cara penggunaan aplikasi.

Kades Muhamad Palae,
ingatkan Bendahara Desa Dulolong agar menggunakan anggaran secara baik, seluruh pengeluaran harus tercatat secara baik.

“Proses pelantikan kepala desa sekitar tanggal 19 atau 22 Desember untuk itu di ingatkan kepada semua aparatur desa agar berhati-hati menggunakan uang , “semua pemakaian keuangan desa harus ada bukti atau catatan. “jangan main-main dengan anggaran,”ucapnya..

Sekretaris Camat Alor Barat Laut, Makdurah Sang S.Kom dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, Aplikasi SIMKADes Desa Dulolong mengatakan kebiasaan salah selama ini yang perlu dirubah adalah selalu fokus pada pembukaan kegiatan dan menunggu pejabat berjam-jam, “kedepan apabila mau memulai sebuah kegiatan sebaiknya tidak boleh menunggu pejabat, sebab kegiatan yang dilaksanakan di desa bukan untuk kebutuhan dan kepentingan pejabat tetapi untuk kita yang ada di desa,”katanya.

Pemerintah kecamatan memberkan apresiasi kepada Kepala Desa Dulolong dan pajabat desa karena telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan SIMKADes.

Menurut, Makdurah Sang kegiatan berbasis aplikasi sangat penting karena hampir semua aspek penyelenggaraan pemerintah menggunakan aplikasi untuk mempermuda proses pelayanan. Pada waktu mendatang kita tidak perlu hitung manual karena teknologi telah membantu kita.

Dikatakan oleh, Sekcam Makdurah Sang bahwa untuk saat ini kota Semarang merupakan kota terbaik di Indonesia, karena menggunakan teknologi aplikasi dalam pelayanan publik. Dalam penyusunan dokumen kerja terkadang masih kesulitan, kalaupun ada dapat berubah sebab tidak menggunakan aplikasi.

Dia berharap semua desa di Kecamatan Alor Barat Laut menggunakan aplikasi SiIMKADes. Lanjutnya
kegiatan pelatihan akan berhasil apabila orang-orang yang dilatih dapat menggunakan aplikasi,” tutupnya..**)

Facebook Comments